Cara Mengatasi Sifat Sombong Ala Imam Gozali

Mengatasi Sifat Sombong -Sifat sombong adalah salah satu sifat tercela . Sombong tidak sangat tidak pantas bagi orang kaya dan pejabat apa lagi orang miskin lagi rakyat jelata apa yang mau disombongkan ? kalau secara fitrah kita sama terlahir dari pembuahan yang sama dan dalam keadaan yang sama , sama lahir tanpa busana dan dikubur dengan bantuan orang lain juga pake pakean yang sama .  kenapa konsep kesamaan tidak dipakai ? apa yang melatari sifat angkuh atau sombong ini ?

Sifat sombong, takabur dan tinggi hati selalu beranjak dari assumsi bahwa dirinya memiliki kelebihan, keistimewaan, keunggulan dan kemuliaan dibanding orang lain , semua manusia ingin jadi raja namun merajai tidak baik menurut pandangan agama . oleh karena itu Imam abdul hamid Al-ghazil membuat sebuah pendekatan untuk menghilangkan sifat kesombongan .

Caranya tidaklah ribet yaitu  pertama-tama menumbangkan pohon kesombongan dari akarnya yang tertancap di dalam hati , yaitu dengan jalan mengenal diri sendiri dan Sang Pencipta yakni yang maha agung Allah Tuhan Alam semesta . Jika kita sudah mengenal siapa diri kita dan  siapa Allah yang agung , kita akan menyadari betapa manusia itu tidak lakayak setetes air pun memiliki sifat sombong . 
cara menghadapi yang sombong
Masih ada yang lebih hebat
Selanjutnya kita terapkan metode untuk menghilangkan kesombongan yang dikonsep oleh imam gozai yang ada dibawah ini :
  • Bila sombong dikarenakan keturunan hendaknya mengobati diri dengan senantiasa mengkaji kembali asal kita  , yaitu debu dan air mani.
  • Andai kesombongan dilatar belakangi paras cantik atau tampan , hendaklah kita lebih banyak melihat kepada apa yang terkandung dalam batin kita bukan pada lahirnya saja.
  • Apabila  sombong sebab kekuatan, dapat diobati dengan pengetahuan bahwa penyakit akan membuat kita sekejap terkulai lunglai dan tak berdaya .
  • jika karena harta bisa  diobati dengan menumbuhkan kesadaran bahwa harta kekayaan, pendukung dan pengikut itu suatu saat akan meninggalkan kita yaitu saat maut menjemput .Kita ditinggalkan tanpa satu benda pun yang ikut  kecuali amal .
  • Bila sebab keilmuan dan keahlian yang kita miliki, dapat diatasi dengan cara pertama-tama menumbuhkan kesadaran pada pribadi kita bahwa Allah SWT memaklumi orang yang bodoh dan sama sekali justru tidak memaklumi orang yang mempunyai pengetahuan. Kedua dengan menyadari segenap diri bahwa takbbur hanya pantas buat pencipta . Dan Allah saja yang Maha Pencipta tidak sombong
  • Jika sombong karena ketaatan beribadah , lihat rosul yang pailng sempurna dan dijamin masuk surganya tidak pernah mersa sombong tetap menampakan keaakraban dan kerendah hatiannya  terhadap sahabat .
Semoga ini bisa membangun mahkota dihati yaitu merasa rendah hati dan sayang kepada sesama .amin .