Ginjal Dan Gejala Penyakit Ginjal

Ginjal DanGejala Penyakit Ginjal-Ginjal memiliki peran yang sangat besar dalam tubuh manusia .ginjal bekerja keras setiap harinya apalagi sejumlah peran vital dalam fungsi sehari-hari tubuh kita, hal itu dikarenakan ginjal mempunyai fungsi  yang penting bagi tubuh kita. berikut tentang fungsi ginjal

Ginjal bertindak sebagai filter bagi tubuh Anda untuk membersihkan darah limbah, namun tetap unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh

Sebagai Kontrol tekanan darah

Ginjal membantu menjaga keseimbangan asam basa , Membuat sel-sel darah merah dan membantu mempertahankan komposisi darah dan tingkat pH , Mempertahankan tulang yang kuat dan sehat

Kita bisa hidup cukup baik dengan hanya satu ginjal, beberapa orang hidup sehat meskipun lahir dengan satu ginjal. ginjal kita yang luar biasa, memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan umum dan kesejahteraan tetapi biasanya tidak dianggap sebagai penting untuk hidup sehat. Penyakit ginjal merupakan salah satu hal yang akan banyak dijumpai jika kita meremehkan fungsi organ kecil yang satu ini.

Kita dapat menganalogikan ginjal sebagai alat yang canggih ramah lingkungan, sistem pembuangan limbah, teknologi daur ulang yang bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu, sementara akan terus menerus membersihkan darah. Setiap jam suplai darah beredar melalui ginjal sekitar 12 kali. Setiap hari ginjal membersihkan sekitar 200 liter darah, dengan sekitar 1 sampai 2 liter limbah meninggalkan tubuh sebagai urin. Sebagian limbah ini dihasilkan oleh tubuh karena nutrisi makanan yang tidak diperlukan. Sekarang coba bandingkan dengan alat cuci darah buatan manusia yang hanya bekerja 1x pemakaian dan hanya membersihkan beberapa liter darah saja.

Selain membuang sampah-sampah yang sudah tidak terpakai lagi, fungsi ginjal adalah menjadi ‘pabrik’ penghasil tiga hormon penting, yaitueritropoietin, renin, dan bentuk aktif vitamin D (kalsitriol).

Gejala penyakit ginjal
  1. Nyeri punggung. Beberapa orang dengan masalah penyakit ginjal mungkin akan merasa sakit di bagian belakang atau samping terkait dengan ginjal yang terkena. penyakit ginjal polikistik, yang menyebabkan besar, kista berisi cairan pada ginjal dan kadang-kadang hati, dapat menyebabkan rasa sakit.

     
  2. Kelelahan. Ginjal sehat membuat erythropoietin hormon yang memberitahu tubuh untuk membuat pembawa oksigen sel darah merah. Jika gagal ginjal, eritropoietin lebih sedikit. Dengan lebih sedikit sel darah merah untuk membawa oksigen, otot dan otak menjadi lelah dengan sangat cepat. Kondisi ini disebut anemia.
  3. Kencing Berubah . Gejala penyakit ginjal ini berkaitan dengan fungsi ginjal sebagai organ ekskresi urin, jadi ketika gagal ginjal, urin bisa berubah. Orang yang penyakit ginjal mungkin harus bangun di malam hari untuk buang air kecil. Urine bisa berbusa atau bergelembung, dimana frekuensi abnormal (bisa lebih banyak atau lebih sedikit), biasanya urin pucat atau mungkin mengandung darah (hematuri). Pada penyakit batu ginjal, terjadi tekanan atau mengalami kesulitan buang air kecil.
     
  4. Pembengkakan Pada tubuh . Gagal ginjal tidak mengeluarkan cairan tambahan, yang menumpuk dalam tubuh menyebabkan pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, kaki, wajah, dan / atau tangan . maka tidak jarang kita menyangka gemuk karna sehat padahal itu adalah sakit .
     
  5. Mual dan Muntah. Penumpukan limbah dalam darah (uremia) juga dapat menyebabkan mual dan muntah. Kehilangan nafsu makan dapat menyebabkan penurunan berat badan.
     
Gejala gejala penyakit ginjal secara umum dan biasanya  ialah : Ruam kulit/gatal, rasa metalik mulut/napas amonia, sesak napas, merasa dingin, pusing.