Tips ampuh Meredakan cegukan atau Singultus

Semua orang tampaknya pernah mengalami cegukan, tanpa memandang jenis kelamin atau usia. Cegukan adalah tiruan bunyi karena udara di kerongkongan tersendat seperti jika habis makan makanan kering lalu tidak minum sehingga udara di kerongkongan tersendat-sendat keluar.

Cegukan secara medis dikenal dengan sebutan singultus, yaitu kondisi diafragma yang mengejang diluar kendali kita.penyebab cegukan

Cegukan terjadi karena kontraksi disengaja pada otot diafragma yang membantu jalannya pernapasan. Suara khas cegukan muncul karena iritasi pada saraf diafragma yang mengganggu pergerakan napas

penyebabnya kadang karena Makanan pedas seperti cabai, lada atau kari juga bisa menimbulkan cegukan. Terlalu banyak minum alkohol juga bisa menyebabkan iritasi pada sistem saraf yang mengendalikan diafragma sehingga menyebabkan kejang pada otot yang memicu cegukan. Cegukan juga menandakan sinyal dari dari tubuh bahwa kita terlalu banyak makan.

Cara Mengbati  Cegukan yang Tak Kunjung Sembuh
Cara mengatasi cegukan yaitu dengan mengatur nafas dan rileks. Tariklah nafas dalam-dalam kemudian kelurkan perlahan, ulangi sampai beberapa kali. Bisa juga dengan teknik bernafas dengan menghirup udara dari salah satu lubang hidung untuk kemudian dikelurkan dari lubang hidung yang satunya.
obat cegukan , mengobati cegukanTekniknya seperti ini, tutuplah lubang hidung sebelah kiri hirup udara dari lubang hidung sebelah kanan kemudian keluarkan udara dari lubang hidung sebelah kiri. Lalu lanjutkan dengan menghirup udara dari lubang hidung sebelah kiri dan keluarkan dari lubang hidung sebelah kanan. Lakukan teknik ini berulang-ulang.
Cara lain mengatasi cegukan yaitu dengan mencoba minum air tanpa bernafas. Ini dilakukan untuk menaikkan kadar karbondioksidadan menstimulasi saraf vagus.
Tetapi jika sudah melakukan beberapa teknik mengatasi cegukan seperti diatas dan cegukan tak kunjung sembuh, dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang bisa mengatasi cegukan yang tentunya harus dengan resep dokter.