cara membangun pola fikir positif pada anak

Setiap orangtua pasti memiliki harapan yang sama : berhasil mendidik anak dengan baik, agar mereka menjadi orang yang berhasil, menjadi kebanggaan keluarga dan berguna bagi masyarakat. Namun, kenyataannya memang usaha untuk mencapai keinginan dan harapan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Salah satu hal penting yang diperlukan untuk berhasil mendidik Anak adalah kesepakatan kedua orangtua. Kadangkala kita menemui orangtua yang tidak sepaham atau tidak sejalan dalam mendidik anak-anak mereka. 
Sebab bagaimanapun, suami dan istri merupakan dua pribadi yang berbeda, sehingga berbeda pula pola pikir dan cara-cara yang dianggap baik dalam mendidik anak.  Untuk itu perlu dibuat kesepakatan antara kedua orangtua, agar tidak terjadi perbedaan– perbedaan dalam memberi aturan ataupun keputusan tertentu kepada anak.
Tentu saja suami-istiri tidak dapat menghindari perbedaan sifat atau karakter dari sepasang suami - istri. Namun suami dan istri adalah satu tim yang harus kompak dalam menerapkan pola pengasuhan bagi anak, sehingga memiliki arah yang jelas dalam memberikan didikan kepada Anak. Untuk itu setiap orang tua perlu duduk bersama, berdiskusi, dan mencapai kata sepakat untuk mendidik anak mereka.  Meskipun sudah terjadi kesepakatan, namun perbedaan pendapat antara suami dan istri terkadang masih muncul juga. Perbedaan pendapat sebetulnya boleh-boleh saja asalkan tidak mendasar dan tidak dilakukan di depan anak.