Berbahagia Menyambut Bulan Rhamadhan

Bulan sya'ban semakin mendekati babak fhinis purnama beberapa hari kan tiba bulan ramadhan di depan mata 
sebagai mumkin setia sambutlah dengan gembira . ada kalimat yang berkata " barang siapa yang bergembira dengan datangnya rhmadhan maka diampuni dosanya " sungguh ini motivasi buat kita agar menyambut romadhan dengan bahagia dalam arti kata menyiapkan mental , fisik dan materi untuk melaksanakan amalan sunnah di malam dan amalan wajijib atau faridoh di siang hari , yaitu saum atau puasa .

Puasa di bulan rhamadhan hukumnya fardhu ain bagi kaum muslimin yang kaya dan yang miskin sama , kefarduan rhamadan berbeda dengan kefarduan sholat pada wanita dimana wanita saat dalam berhadas besar dilarang melakukan sholat dan puasa namun puasa wajib di qodo atau diganti dihari lain sedangkan solat tidak .diambil dalil oleah paradigma islam hadis yang mashur yaitu hadits siti a'isah .

Puasa diwajibkan semenjak mulai terbit pajar hingga gurub atau terbenam matahari  , tapi meski demikian kita dianjurkan untuk imsak bahkan hukum imsak adalah wajib menurut ulama fiqih syafii . imsyak sekitar 10 menit sebelum waktu terbit fajar . disini kita star dilarang makan dan minum dan menghindari jalan dosa lainnya seperti mencaci , mezolimi orang lain, menyakiti hati oarang lain dan sebagainya .

bulan romadon
bulan ramadhan atau puasa
Denagan mempersiapkan mental dan fisik juga materi dan ilmu pelaksanaan peraktek puasa pada dasarnya termasuk berbahagia dengan datangnya rhamadan . Nah oleh sebab itu persiapka ilmu untuk peraktek ibadah Puasa dibulan ramadhan nanti agar ibadah kita diteriama sebab berkata imam ibnu ruslan dalam zubad " amal ibadah tanpa ilmu adalah ditolak dan tidak diterima " jelas ibadah harus disertai ilmu mumpung masih ada waktu belajar minta keteranagan sama ustaz setemapat masing-masing agar beliau menjelsakan tata cara ibadah Pusa . oke segitu saja wallohu'lam 

Untuk selanjutnya baca juga artikel tentang Keutamaan bulan Pusa di postingan berikut ini !