Cara Merawat Kewanitaan Tetap Sehat Dan Bersih


Perlu ukhti sadari bahwan Wanita bukan hanya dilihat dari penampilan zohir saja tetapi harus pula cantik luar dalam. Apalagi saat sudah menikah, maka sangat berarti kalau memiliki kewanitaan yang bersih dan sehat agar tidak malu saat berhubungan dengan suami. Kesehatan rahim dan area kewanitaan sangatlah penting, apalagi sekarang ini begitu banyak penyakit serius yang diderita wanita karena kurang terawatnya rahim dan area kewanitaan seperti:
Kista
Mioma
Endometriosis
Sulit Punya Anak / Mandul


Banyak wanita tidak menganggap serius saat menderita keputihan karena mereka meyakini bahwa keputihan akan hilang dengan sendirinya. Keputihan ada 2 type yaitu yang bersifat fisiologis (karena gangguan hormonal) dan patologis (karena adanya penyakit). Waspadai keputihan yang berbau, berwarna, gatal dan keluar secara berlebihan karena itu merupakan adanya infeksi. Waspadai keputihan yang demikian karena bisa merupakan gejala awal kanker serviks (penyakit mematikan no. 1 di Indonesia), juga bisa menyebabkan sukar punya anak.
Seringnya terjadi keputihan juga akan mengganggu hubungan dengan suami karena suami akan merasa tidak nyaman.

  1. Selalu menjaga area kewanitaan tetap kering sehingga tidak mudah terinfeksi bakteri/jamur penyebab keputihan.
  2.   Gunakan celana dalam yang menyerap sehingga tidak menyebabkan area kewanitaan dalam keadaan lembab
  3. Jangan menggunakan bahan kimia untuk membersihkan area kewanitaan seperti: sabun mandi, sabun pembersih kewanitaan atau tissue pembersih kewanitaan karena akan menyebabkan hilangnya flora normal sekitarnya dan area kewanitaan akan rentan terhadap infeksi bakteri/jamur penyebab keputihan.
  4. Gunakan air mengalir saat berbilas di toilet umum atau pada intinya air yang bersih.
  5. Cara bilas yang benar saat buang air besar dengan posisi tangan dari depan ke belakang sehingga tidak menyebabkan kotoran masuk ke vagina.
demikian tips atau cara untuk merawat kewanitaan pelajarilah terus cara merawat kewanitaan agar ukhti selamat dari penyakit-penyakit kewanitaan yang mengancam kalangan wanita