Tips Agar Mudah Belajar Bahasa Inggris

 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris

Saya pernah ngobrol dengan seorang siswa dan ku tanya, “Suka pelajaran bahasa inggris de’?” dengan tegas iya menjawab, “wow… jangan ditanya lagi ka’, pelajaran itu merupakan bom”
Kok’ bisa bilang bom? Katanya ”pelajaran itu yang paling mematikan karna  membuat resah. Tulisannya beda bacanyapun juga beda, buat bingung saja. Ditambah lagi pronounce(pengucapan) in paling susah”.
Inilah problema yang kini dihadapi pelajar, termasuk saya sendiri. Di era globalisasi kita dituntut untuk mengusai bahasa inggris. Namun disisi lain kesulitan untuk menguasai bahasa tersebut, tapi itu bukan alasan untuk tidak belajar bahasa inggris. Nah untuk itu, saya akan memberikan beberapa fakta, begitu pentingnya bahasa inggris?
1. Pada tahun 2008 UNM (Universitas Negeri Makassar) mendirikan kelas International yang kali pertamanya di Indonesia yang merupakan permintaan dari pemerintah untuk merekrut  tenaga pengajar sebagai bakal calon pendidik di sekolah RSBI/SBI.
2. Bagi anda yang yang bercita-cita melanjutkan S2 di perguruan tinggi ternama misalanya ITB. syaratnya anda harus lulus TOEFL,  untuk lulus TOEFL kan butuh bahasa inggris. Ini salah satu permasalahan yang dihadapi teman saya. Bayangkan dia memiliki IP 3,8 ditambah lagi skiripsi yang ia sususun mendapat nilai 4, wah luar biasa, hebatkan!!!! tapi sayang, impiannya untuk lanjut di ITB hanyalah sekedar mimpi. Dia terhambat dikarnakan pengusaan bahasa inggris yang masih kurang.
3. Guru sekarang dituntuk untuk mampu berbahasa inggris, bahkan pemerintah menyewa tenaga pengajar. Ini sudah membuktikan betapa pentingnya bahasa inggris.
4. Saya sendiri juga merasakannya, beberapa tawaran pekerjaan . Hanya duduk “rewrite artikel dalam bahasa inggris sudah bisa menghasilkan uang”.
5. Mungkin ada yang bermimipi menjadi Putri Indonesia, Miss Universe mungkin. Dengan penguasaan bahasa inggris itu bisa menjadi nyata. Sudah terbukti, saya bisa menjadi salah satu finalis Putri Indonesia Sul-sel berkat kemampuan berbahasa inggris.
Untuk itu, mulai sekarang jangan memnganggap bahasa inggris sebagai BOM. heheeheh!!!!!
Okelah kalau begitu. Saya akan memberikan beberapa tips cara mudah belajar bahasa inggris :
1. Sesulit apapun itu, ketika di jalani dengan cinta dan ketulusan pasti akan terasa mudah. Begitupun dengan bahasa inggris. Untuk itu cintai terlebih dahulu sebelum anda mempelajari bahasa inggris.
2. Jangan pernah malu untuk mempraktikan bahasa inggris anda, misalnya speaking with your self (bercakap dengan diri sendiri) di depan cermin misalnya atau dengan dengan teman(jangan malu dikatakan orang gila). Contoh sederhana, orang bugis, toraja, jawa dan bahasa-bahasa lainnya. Dengan pasifnya bercakap, dikarnakan menjadikan bahasa itu salah satu bahasa mereka. begitupun dengan bahasa inggris.
3. Tulis beberapa vocabulary di kertas kemudian tempel di dinding, tepat di depan tempat tidur anda agar bisa setiap saat dapat dilihat dan diingat , ini akan mempermudah anda untuk menghafal vocab.
4. Buat schedule, misalnya untuk menambah perbendarahan kata menghafal  minimal 5 kata baru tiap hari. Jadikan hafalan anda itu sebagai pengantar tidur, dan penyambut pagi anda(dihafalkan sebelum dan saat bangun pagi).
5. Bagi anda yang suka tulis diary, anda bisa tuangkan dengan menuis dalam bahasa inggris
6. Yang utama dan terutama anda harus memilki kamus. Sekarang kan sudah zaman modern, anad bisa mendownload aplikasi kamus bahasa inggris di hp anda, jadi mempermudah bukan. kamus bisa dibawa kemana-mana dan dapat digunakan dimana saja.
7. Ini juga dapat membantu anda. Buatlah kelompok, pecinta bahasa inggris misalnya atau anda bisa join di English meeting club. Sekarang sudah banyak, bisa search di facebook. Dengan English club anda dapat mempraktekan bahasa inggris anda, membuat permainan dengan menggunakan bahasa inggris.
8. Era globalisasi semuanya serba cepat, bahkan jarak dan waktu sudah tidak terbatas dengan adanya social network misalnya. Facebook atau twitter bisa anda manfaatkan juga donk, misanya chating dengan teman dari Negara lain atau video call. Ini akan sangat membantu baik dari segi writing, listening, and grammer anda.
 Nah itiu tips mencintai belajar nya dan kembangkan untu belajar yang lainnya seperti pelajaran falak / Astronmi  atau matematika dan sebagainya