Untung Dibalik Musibah

Untung adalah suatu hasil dari yang kita peroleh dari tindakan
 yang kita lakukan
berita pesawat jatuhSedangkan Musibah adalah Kejadian yang menimpa dan bertentangan dengan hasrat  
Untung dan musiabah hampir sama dengan kalimat untung dan rugi . Dengan pandangan satu sisi
kita tidak akan menemukan untung dari sebuah kejadian yang menyakitkan
tapi , kita harus bercermin dari cahaya iman , dimana kita harus menyadari bahwa setiap 
musibah ada hikmah tertentu tidak serta merta merugikan pihak yang tertimpa musibah
Musibah tidak terlepas dari dua peran :
pertama , musibah sebagai ujian . Janji bagi orang yang beriman tidak akan sempurna sebelum diuji keimannannya seperti mahasiswa yang hendak lulus dangan skrifsi andalannya , ia tidak akan disebut sarjana sebelum lulus disidang .
Kedua , musibah sebagai azab atau laknatan . Setiap yang salah dan melanggar perintah Allah maka dengan keadilan akan diazab bisa saja di dunia atau di ahkirat kelak . sebab laknatan jelas dari perbuatan dosa manusia
pada nyatanya , tapi terkadang kita melihat contoh sunami atau pesawat jatuh  yang kelihatan alim juga kena , kenapa dikatakan laknat ? . munkin saja yang alim tersebut membiarkan maksiat meraja lela tanpa ada niat untuk meluruskannya .
Dari peran diatas maka bisa kita ambil keuntungan dari musibah maut  :
  1. Untung bagi orang yang beriman
     Yang iman di wafatkan Sebab Allah sayang terhadap keimanannya , bisa jadi kalau lama-lama hidup akan jadi orang yang maksiat dan murtad , apalagi masa kini pemurtadan sedang jadi tantangan bagi islam . Nah denagan Musibah wafat itu suatu jalan yang untung dan baik
  2. Untung bagi orang yang maksiat
    Dengan berakhirnya riwayat maka berakhir maksiat , ini merupakan keuntungan baginya kalau misalkan hidupnya masih panjang maka akan lebih banyak pengalaman sehingga dengan dimatian maka terhenti semua perbuatan dosanya .
  3. Untung  bagi keluarga
    untung tidak seluruh keluarga yang kena , kalau seandainya semua keluarga siapa yang mendoakan terus-menerus dan siapa yang mau menjadi penanggu jawab minta maaf atas kesalahan dan hutang terhadap orang lain .
  4. Untung bagi orang lain
    Yang nyata tetangga makan daging tapi bukan sekedar itu saja dengan musibah yang menimpa akan menjadi ibrah atau peringatan bagi yang masih hidup agar senantiasa menyadari hidup itu tidak abadi .
Segitu saja sobat  untung yang tadi bisa kita aplikasikan ke pesawat jatuh di gunung salak sebab ada hikmahnya diantarannya sebagai iktibar dan ada gosib menyatakan pesawat yang jatuh dibogor kemarin itu adalah yang sudah butut , besar kemunkinan denagan uji coba yang tidak lulus munkin tak akan terulang lagi  kisah pesawa Adam Air yang menyebabkan banyak warga indonesia yang raib . wallohua'lam