Khasiat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Manfaat Kulit Manggis-Buah manggis rasanya manis dan enak tak ada yang menolak buah ini saat disajian dan ternyata kulinya mengandung manfaat bagi kesehatan, apalagi khasiat yang dimiliki oleh kulitnya. Dibalik rasanya yang pahit, kulit buah yang memiliki nama latin Garcinia mangostana ternyata mengandung khasiat. Kulit buah manggis mengandung 2 senyawa alkaloid, yaitu sejumlah zat warna kuning yang berasal dari 2 metabolit, yaitu mengostin dan B-mangostin.

Mangostin merupakan komponen utama, sedangkan B-mangostin merupakan konstituen minor. Kemudia, ditemukan metabolit baru dari kulit buah manggis, yaitu 1,3,6,7-tetrahidrosi-2,3-di(3-metil-2-butenil) xanthone yang diberi nama a-mangostanin.

Kulit Manggis mengandung mangostin (1,3,6-trihidroksi-7-metoksi-2,8-bis(3metil-2-butenil)-9H-xanten-9-on). Mangostin merupakan tipe baru dari histamin. Dari hasil peneitian mangostin secara kompetitif menghambat reseptor histamin H tempat reseptor H1 pada sel otot lunak secara utuh . Nah pingin tahu hasiatnya ? disini dituliskan beberapa khasiat buah manggis :

Khasiat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Khasiat Kulit Manggis bagi Kesehatan :

1. Zat antioksidan dan antimikroba dari kulit buah ini berhasiat dalam hal menetralkan asam lambung , membunuh kuman penyakit dan bakteri-bakteri merugikan sehingga sistem pencernaan didalam tubuh tetap lancar.

2. Kulit manggis mengandung Antioksidan alami yang sangat berguna bagi jaringan sel tubuh manusia sehingga tampak lebih awet muda.

3. Sifat Antiproliferasi dan sifat apoptosis yang dapat mencegah kanker dan dapat menghancurkan sel-sel kanker didalam tubuh manusia, ini berarti dapat mengobati kanker.

4. Manfaat kulit manggis juga berperan penting dalam penyerapan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga membantu menjaga stamina tubuh tetap fit karena stamina dapat meningkat.

5. Kulit manggis bisa juga digunakan untuk para leleki dalam menjaga dan memoerbaiki kualitas sperma dalam tubuh dan dapat mencegah pembesaran prostat.

apa Khasiat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

bagaiman cara memanfaatkan Kulit Manggis sebagai obat

6. Menurut sebagian ahli kesehatan di negara barat bahwa kulit manggis juga barhasiat atau manafaat untuk kesehatan gigi, gusi, mata, kulit dan rambut.

Manfaat kulit manggis dijadikan sebagai obat tradisional

Banyak manfaat yang dapat diambil dari kulit buah manggis, terutama sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti:

  • Obat Wasir denagan Kulit buah manggis

    Keringkan kulit buah delima dan kuit buah manggis, buat menjadi serbuk untuk diminum / atau dengan direbus lalu dimunum . cara merebusnya 2 gelas air direbus hingga menjadi 1 gelas .
  •  Mengobati Disentri dengan  Kulit buah manggis

    Khasiat Kulit Manggis untuk Kesehatan

    manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

    Ambil kulit dari 2 buah manggis, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus denga 4 gelas air sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring, lalu diminum dengan madu bila perlu. Minum 2 kali sehari masing-masing sebanyak 3/4 gelas.
  • Mengobati Diare dengan Kulit manggis 
  1.  Ambil kulit dari 2 buah manggis yang masak, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring, kemudian diminum dengan madu seperlunya. Minum 2 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.
  2. Cuci bersih 5 gr kulit buah manggis segar, 2 genggam daun senduduk muda yang masih segar, dan 3 lembar daun sembung segar. Rebus 1,5 gelas air besih sampai tersisa setengah gelas. Setelah dingin, disaring dan diminum untuk tiga kali. Yaitu pagi, siang dan sore.
 Sekian Manfaat Kulit Manggis , semoga bisa manfaat untuk semua .