RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA MADRASAH : ….. (nama sekolah )
MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
KELAS/SEMESTER : X (SEPULUH) / I (GANJIL)
ALOKASI WAKTU : 2 JAM PELAJARAN (1 x TM)
PERTEMUAN KE : 1 ( SATU )
Standar Kompetensi : Memahami infor masi lisan berbentuk paparan atau dialog
Kompetensi Dasar : 1. Mengidentifikasi bunyi , ujaran (kata ,frasa atau kalimat ) dalam satu konteks tepat dalam perkenalan .
2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang perkenalan .
Indikator : 1. Membaca bahan qira’ah dengan lapal dan intonasi yang baik dan benar tentang perkenalan
2. Menjawab pertanyaan tentang pemahaman berbentuk objektif mengenai kandungan bahan qira’ah .
3. Melakukan tanya jawab tentang perkenalan (تعارف )
4. Menjelaskan اسم معرفة dan اسم نكرة yang terdapat dalam kalimat
6. Menjelaskan مبتدا خبر
1. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran diharapkan Siswa mampu :
a. Membaca bahan qira’ah dengan lapal dan intonasi yang baik dan benar tentang perkenalan
b. Menjawab pertanyaan tentang pemahaman berbentuk objektif mengenai kandungan bahan qira’ah .
c. Berkenalan dengan bahasa Arab (تعارف )
d. Mendskripsikan اسم معرفة dan اسم نكرة
e. Mengidentifikasi مبتدا خبر
2. Materi Pembelajaran :
a. kosa kata ( مفردات )
b. تعارف
c. percakapan
d. اسم معرفة dan اسم نكرة
e. Susunan stuktur kalimat مبتدا خبر
f. القراءة
3. Metode Pembelajaran :
a. Ceramah dengan variasi tanya jawab
b. metode Sami’ah safawiyah .
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Mengamati dan mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran.
b. Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdo’a.
c. Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru.
d. Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa.
2. Kegiatan Inti
a. Guru bicara sesuai materi dan murid mendengarkan .
b. Siswa menirukan ungkapan yang telah di sampaikan guru .
c. Guru menciptakan suasana kelas seolah-olah berada dalam lingkungan sesungguhnya
d. Menyiapkan evaluasi yang berkesinambungan .
e. Guru berusaha menyeimbangkan waktu untuk berlatih untuk berlatih mengungkapakan apa yang telah didengar .
3. Kegiatan Penutup
a. Memberikan penegasan atau menyimpulkan materi yang sudah dipelajari
b. Memberikan tugas mandiri untuk mendalami materi ajar.
Alat/Bahan/Sumber Belajar:
1. Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar.
2. Buku referensi yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan.
3. Artikel yang sesuai dengan materi yang diajarkan.
Teknik Penilaian
tes Lisan
menghapal mufrodat atau kosa kata .
tes Lisan
menghapal mufrodat atau kosa kata .
Sukabumi, 4 Oktober 2011
Mengetahui, Kepala Sekolah | Guru Bahasa Arab |
0Awesome Comments!