Cara-Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Cara-Cara Menurunkan Kolesterol  – Penyakit kolesterol ini merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh warga Indonesia bahkan sedunia . Kolesterol sebetulnya juga bermanfaat sebagai sumber energi, membentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. 
Sebenarnya tubuh kita dapat memproduksi kolesterol sebanyak yang kita butuhkan sehingga meskipun kita tidak medapatkan asupan kolesterol dari makanan

Cara ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi

Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi

 Cara-Cara Menurunkan Kolesterol
Pada dasarnya Kolesterol dibagi menjadi 2, yaitu HDL dan LDL. HDL (High Density Lipoprotein) adalah kolesterol baik sedangkan LDL (Low Density Lipoprotein) ini jenis kolesterol jahat yang jika terlalu banyak terdapat dalam tubuh,dapat memberi efek bahaya untuk tubuh manusia . Maka dari itu pentinga mengecek kolestrol apalagi usia 30 tahunan ke atas agar tahu kapan harus diturunkan atau masih normal ..

Cara-Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

manfaat Kolesterol


Berbicara tentang kolesterol yang lebih atau tidak normal maka ada baiknya tahu tentang penurunannya agara kembali seperti semula , disini akan diberikan 3 tips atau langkah menurunkan kolestrol . Yaitu lewat makanan , olah raga , obat .
  1. Menurunkan Kolesterol  Dengan Makanan
    Makanan merupakan hal terpenting dalam mengatasi berbagai penyakit  , sebab sebagian penyakit dalam tubuh bermula dari makanan yang sering dimakan . Untuk itu disarankan hal dibawah ini :
  • Kurangi makanan-makanan berlemak yang berpotensi kolesterol tinggi seperti otak, cumi-cumi, jeroan, kuning telur, mentega, cokelat, belut, kerang, udang, kepiting, dan sosis.
  • Perbanyaklah makanan sayur dan buah, terutama buah yang berwarna hijau.
  • Jika makan daging makanlah daging tanpa kulit dan gajih.
    2. Menurunkan Kolesterol Dengan Olahraga

Olahraga bisa dijadikan pendamping dari makanan sehat. Kombinasi dari kedua cara ini sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Usahakanlah berpolahrag Meskipun beberapa menit saja setiap hari .
    3.  Mengurangi kolesterol dengan obat

Jurus terakhir dalam mengatsi kolesterol adalah dengan obat jika sudah terlalu parah .Nah jika seperti ini anda lebih baik segera berkonsultasi dokter terkait  masalah ini, karena setiap orang memiliki kondisi berbeda sehingga butuh pula penanganan yang berbede .