Manfaat Daun , Biji , Kulit , Akar Dan Buah Durian

Manfaat Buah Durian-Buah durian yang istilah latinnya  Durio zibenthinus Murr ini berasal dari hutan Sumatra, kalimantan, dan Malaysia. Nama durian sendiri diambil dari karakteristik buahnya yang memiliki kulit rapat berduri .

Mengenal durian bukan saja dari harumnya yang menyengat dan enak dimakan saja namun durian memiliki keistimewaan lain di dunia kesehatan dan kecantikan, kulit dan daun durian juga bermanfaat dalam dunia kesehatan. Kulit daun bermanfaat untuk mengobati ruam pada kulit (sakit kurap) dan susah buang air besar (sembelit).
manfaat durian untuk obat kecantikan
Jika dibakar, abu kulit durian dapat dijadikan pelancar haid. Bahkan, sering masyarakat jawa menjadikan kulit durian sebagai pengusir nyamuk. kono kabarnya di Malaysia justru yang digunakan sebagai obat adalah daun durian. Dengan meminum air rebusan daun durian, demam seseorang dapat mereda. Jika tidak suka rasanya, penderita bisa juga dengan meletakkan daun durian yang telah dijus diatas dahi.

Bukan saja buah durian yang manfaat namun daun , biji , kulit dan akar duriannya juga bisa dimanfaatkan untuk kepntingan obat atau kesehatan serta kepentingan lainnya .

Penjelasannya sebagai berikut :

Manfaat Daun Durian :

Kuncup daun (pucuk), mahkota bunga, dan buah yang muda dapat dimasak sebagai sayuran.
Daunnya, dicampur dengan jeringau,digunakan untuk menyembuhkan cantengan atau infeksi pada kuku.

Manfaat Biji Durian :

Biji durian bisa dimakan sebagai camilan setelah direbus atau dibakar, atau dicampurkan dalam kolak durian. Biji durian yang mentah beracun dan tak dapat dimakan karena mengandung asam lemak siklopropena . Biji durian mengandung sekitar 27% amilosa.

Manfaat Kulit Durian :
Bisa digunakan sebagai obat sakit perut
Caranya : Siapkan kulit durian dan bersihkan. Selanjutnya kulit durian tersebut kita lumatkan, bisa dengan cara ditumbuk atau juga diblender, yang penting kulit durian tersebut menjadi lumat. Setelah itu lumatan kulit durian tersebut, kita tempelkan keperut kita yang sakit dan biarkan sampai sakitnya berkurang atau sampai lumatan kulit durian tersebut menjadi kering.
Selain itu kulit durian tersebut yang sudah kita lumatkan juga bisa digunakan untuk mengobati sembelit atau susah buang air besar, cara mengunakannya juga sama seperti cara mengobati sakit perut alami diat

Manfaat Akar Durian :

Akar durian dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional.yaitu , sebagai obat demam.

Manfaat Buah durian :
  1. Manfaat Buah Sebagi Obat Tidur Alami
    Untuk yang  susah tidur dan jarang mendapatkan tidur berkualitas, mungkin mengonsumsi durian bisa menjadi solusi alternatif yang tepat. Kandungan amino triptofan dalam durian dapat meringankan kecemasan, insomnia, dan menciptakan perasaan euforia dengan cara meningkatkan kadar serotonin pada otak. Serotonin merupakan zat penting untuk mengatur siklus tidur yang bekerja sama dengan zat lain yakni melatonin.
  2. Manfaat Buah Sebagai Mencegah Depresi
    Buah durian memiliki Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam buah durian juga dapat membantu memproduksi hormon serotonin. Hormon penting yang membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik sehingga mencegah Anda dari risiko stres dan depresi.
  3. Manfaat Buah Sebagai Peningkatan Kemampuan Otak
    Pada sebua studi penelitian yang dilakukan di Twickenham, London, Inggris, menyebutkan bahwa 200 pelajar diminta untuk mengonsumsi buah durian dalam jumlah cukup pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Hasilnya, lebih dari 80 persen siswa mengalami peningkatan kemampuan otak dalam menyerap pelajaran dan lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diberikan.
  4. Manfaat Buah Sebagai Pencegahan Penuaan Dini
    Vitamin C yang terkandung dalam durian merupakan bahan baku pembuatan kolagen. Seperti kita ketahui bahwa kolagen adalah faktor penting dalam menjaga keremajaan kulit. Tak hanya itu, kolagen juga berperan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, dan ligamen.
Namun mengonsumsi durian secara berlebihan akan memberi dampak yang negatip  apa lagi dicampur dengan alkohol. dan buah durian sendiri bahaya buat yang memiliki gejala maag juga dapat menggugurkan kehamilan , so bila anda sedang hamil dan punya sakit maag maka hindarilah makan durian .