Penyakit Glaukoma

Penyakit Glaukoma itu apa ?
Penyakit Glaukoma ini adalah salah satu jenis penyakit mata dimana tekanan di dalam bola mata meningkat sehingga terjadi kerusakan pada syaraf mata dan penyakit ini mengakibatan turunnya fungsi penglihatan, Dalam jangka panjang jika penyakit ini tidak ditangani dengan serius , bisa menyebabkan kebutaan. Hal ini disebabkan karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan bola mata akan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata yang akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata akan mati.

jenis-jenis sakit GlaukomaPenyakit glaukoma bisa menyerang siapa saja, namun yang paling beresiko terkena penyakit glaukoma adalah mereka yang beymur 40 tahun keatas .

Jenis-jenis Penyakit Glaukoma

Penyakit Glaukoma memiliki berebagai jenis ini dikelasipikasikan berdasarkan sudut gelap yang terjadi pada mata , yaitu sebagai berikt :

  1. Glaukoma Sudut-Tertutup / Acute Angle-Closure Glaucoma(Akut)
    Penyakit glaukoma sudut tertutup adalah Penyumbatan aliran cairan yang disebabkan oleh terhalang iris mata. Hal ini dipicu oleh penggunaan tetes mata yang melebarkan pupil. Kemudian ditandai dengan gejala kurangnya fungsi penglihatan, lingkaran berwarna di sekeliling cahaya ketika melihat, terasa nyeri pada mata dan kepala. Gejala dapat menghilang dengan pengobatan namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi berulang yang dapat mengurangi lapang pandang penderita setiap kali terjadi.
  2. Glaukoma Sudut-Terbuka / Primary Open-Angle Glaucoma(Primer)
    Penyakit glaukoma sudut terbuka adalah  Penyakit glaukoma jenis sudut terbuka ini pada umumnya terjadi pada mereka yang berusia 35 tahun ke atas dan kadang terjadi pada anak-anak. Biasanya pada awal tidak terjadi gejala sehingga mengakibatkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki lagi. Gejala berikutnya yang terjadi adalah penyempitan pada daerah lapang pandang tepi, sakit kepala ringan dan sulit beradaptasi dengan kegelapan.
  3. Glaukoma Kongenital / Congenital Glaucoma
    Penyakit glaukoma kongenital adalah Glaukoma Kongenital ditemukan pada saat kelahiran atau segera setelah kelahiran, biasanya disebabkan oleh sistem saluran pembuangan cairan di dalam mata tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya tekanan bola mata meningkat terus dan menyebabkan pembesaran mata bayi, bagian depan mata berair dan berkabut dan peka terhadap cahaya.
  4. Glaukoma Sekunder / Secondary Glaucoma
    Penyakit glaukoma sekunder adalah  Penyakit glaukoma ini terjadi akibat penyakit lainnya seperti infeksi, tumor, katarak yang meluas, peradangan dan penyakit mata