Sekilas Hotel Murah di Lombok (Mataram - NTB)

Informasi hotel murah meriah -Hotel atau penginapan merupakan satu hal yang harus kita siapkan/ rencanakan ketika melakukan suatu perjalanan. Penginapan bukan berarti harus di tempat yang berbayar,  menumpang di kantor Polisi ataupun mesjid bisa juga dikategorikan sebagai penginapan. Perbedaannya adalah biaya dan tingkat resiko yang akan kita hadapi. Kalau kita menginap di tempat yang berbayar, otomatis tingkat resikonya lebih rendah dan relatif lebih aman. Pejalan yang cerdas adalah pejalan yang berusaha memaksimalkan pemanfaatan uang yang ada, salah satunya adalah mencari penginapan yang murah, bersih, aman, dan nyaman.

Kali ini saya akan memberikan informasi seputar penginapan berbayar yang ada di kota Mataram. Informasi ini saya peroleh pada bulan Juli 2012 lalu, sehingga harga yang saya informasikan sewaktu-waktu bisa berubah. Dengan demikian alangkah baiknya apabila Anda terlebih dahulu menghubungi pihak penginapan untuk menanyakan informasi tarif ataupun pemesanan kamar (booking room). Satu hal lagi yang perlu saya informasikan yaitu banyak penginapan di kota Mataram yang menggunakan kata "Hotel", walaupun sebenarnya belum layak disebut sebagai sebuah hotel. Menurut saya itu hanya sekedar penamaan saja bukan dalam arti sebenarnya, jadi mohon dimaklumin. hehe.. :-) 
Berikut ini informasi seputar penginapan murah di kota Mataram, diantaranya adalah :
1. Wisma Nusantara II

Wisma Nusantara II
Penginapan ini berada di pusat kota Mataram, lebih tepatnya di jalan Beo No 10 s.d. 12 - Cakranegara. Hanya berjarak sekitar 500 meter dari Mataram Mall dan berada 50 meter di belakang SMPK Kesuma. Kisaran harga penginapannya adalah Rp 60.000 s.d. Rp 190.000 permalam dan terdiri dari 5 tingkatan (kelas), diantaranya adalah :
  1. Kamar VIP (harga Rp 190.000)
  2. Kamar Deluxe (harga Rp 140.000)
  3. Kamar Standar (harga Rp 115.000)
  4. Kamar Ekonomi (harga Rp 95.000)
  5. Kamar Non AC (Rp 60.000)
Untuk penginapan dengan harga Rp 60.000 memperoleh fasilitas berupa :
  • Dua buah ranjang busa berukuran 90 x 200 cm;
  • kamar mandi di dalam;
  • kipas angin (fan);
  • gratis 2 gelas air mineral perhari &;
  • gratis teh/ kopi setiap pagi.
Apabila Anda ingin mendapatkan kamar yang ber-AC dengan harga ekonomis, maka Anda dapat memesan kamar seharga Rp 90.000 permalam dengan fasilitas berupa :
  • Dua buah ranjang busa berukuran 90 x 200 cm;
  • kamar mandi di dalam;
  • AC (Air Conditioner)
  • Gratis 2 botol air mineral per hari &;
  • gratis teh/ kopi setiap pagi.
Menurut saya, penginapan ini murah, aksesnya mudah dan tampaknya bersih (belum melihat kondisi kamarnya). Apabila Anda tertarik menginap di Wisma Nusantara II, dapat menghubungi mereka di (0370) 634698. 
2. Hotel Ayu Jaya

Penginapan ini berada di jalan Subak I - Cakranegara dan masih berada di pusat kota Mataram. Penginapan ini menyediakan kamar yang ber AC & non AC, dengan harga yang berbeda juga. Untuk kamar ber AC dibrandol dengan harga Rp 120.000 permalam, sedangkan untuk non AC dengan harga Rp 70.000 permalam. Setiap kamar maksimal diisi oleh dua orang (tidak boleh lebih/ ekstra bed). Penginapan ini difasilitasi dengan :


  • kasur (single bed atau double bed);
  • kamar mandi di dalam;
  • TV;
  • AC atau kipas angin (fan) &;
  • lemari;
Menurut saya, penginapan ini bersih, lumayan murah, fasilitasnya masih baru, dan aman juga. Penginapan ini tampaknya baru di renovasi dan propertynya juga masih baru. Saya sangat merekomendasikan penginapan ini, alasannya adalah saya merasa nyaman ketika melihat kamarnya. Kekurangan penginapan ini adalah tidak ada halamannya dan ruang untuk parkirnya kurang luas.
Apabila Anda tertarik dan butuh informasi penginapan ini, maka dapat menghubungi mereka di 087864361363.

3. Oka Home Stay

Oka Home Stay - Mataram
Penginapan ini berada di jalan Repatmaja - Cakranegara dan hanya terpaut 300 meter dari Mataram Mall. Harga penginapannya yaitu Rp 80.000 permalam dengan fasilitas berupa : kasur, meja, kipas angin (fan), gratis teh di pagi hari, & kamar mandi di dalam. Ada dua pilihan kasur yaitu single bed atau double bed dan harga sewa permalamnya sama saja. Selain sebagai tempat penginapan, pihak Oka Home Stay juga melayani penyewaan motor.

Menurut saya, penginapan ini bersih, tenang, aman, dan harga masih bisa nego. Gambaran mengenai Oka Home Stay ini, dapat dilihat pada gambar yang saya tampilkan. Apabila Anda tertarik untuk menginap di Oka Home Stay, dapat menghubungi mereka di (0370) 622406.

4. Hotel Internasional

Hotel Internasional - Mataram
Jangan terkecoh dengan penggunaan kata "Hotel Internasional" pada penginapan ini, karena penginapan ini jauh dari standarisasi sebuah hotel. Tetapi dari seluruh penginapan yang ada di kota Mataram, saya jamin penginapan ini yang paling murah. Biaya penginapan mulai dari Rp 30.000 s.d. Rp 50.000 permalamnya dan bisa diisi oleh 2 orang. Untuk penginapan dengan harga Rp 50.000, kamar mandinya berada di dalam kamar dan penginapan dengan harga Rp 30.000, menggunakan kamar mandi bersama. 
Lokasi penginapan ini masih berada di pusat kota Mataram, tetapi lumayan jauh dari Mataram Mall. Penginapan ini berada di jalan Gelatik - Cakranegara (di belakang Hotel Lombok Plaza). Selain sebagai tempat penginapan, pihak Hotel Internasional juga melayani penyewaan motor.

Sumber disini