Cara Tepat menghilagkan Komedo Pada Wajah

Tips menghilangkan komedo-Tentu saja ada lebih dari satu cara untuk menghilangkan komedo, mulai dari cara yang alami dengan obat-obatan alami disekitar kita sampai yang memanfaatkan obat-obatan buatan pabrik yang mahal, manjuir, namun lumayan membawa resiko untuk kesehatan kulit kita.
Sebelum membahas bagaimana menghilangkan komedo, kita lihat dulu, sebenarnya komedo itu apa sih? Dan bagaimana komedo terbentuk di kulit kita.
 Cara menghilagkan Komedo Pada Wajah
Cara menghilangkan jerawat alami di wajah
Komedo bisa muncul karena kotoran (bisa minyak berlebih dan juga sel kulit mati) yang menyumbat pori-pori kulit sehingga minyak yang akan keluar terhambat. Biasanya, komedo muncul di area T (dahi, hidung, dan dagu), di bawah mata dan pipi.
Pehatian : Jangan menghilangkan komedo dengan cara memencetnya, karena malah akan merangsangnya menjadi jerawat bernanah yang akan memperparah kondisi wajah, bahkan bisa menyebabkan infeksi.
Jenis-jenis komedo:
  1. Blackhead (komedo terbuka), inilah yang terlihat bintik-bintik hitam kecil itu. Kog bisa hitam? Rupanya karena kotoran atau sebum sudah beroksidasi dengan udara.
  2. Whitehead (komedo tertutup), nah, kalau yang ini berwarna putih, karena biasanya masih berada di balik lapisan kulit ari. Karena belum teroksidasi dengan udara, maka dia tidak berwarna kehitaman.
Sebaik-baiknya kita menghilangkannya, akan lebih baik jika kita bisa mencegah komedo kan. Baca cara mencegah komedo.
Kalau sudah melakukan upaya mencegah komedo namun komedonya tetap nongol bagaimana dunk? Ya, berarti kita harus menghilangkannya. Ikuti cara menghilangkan komedo berikut ini:
  1. Manfaatkan putih telur
    Cara pertama
    : Ambil sedikit putih telur, tempatkan di wadah, kocok hingga berbusa. Oleskan di sekitar hidung atau bagian wajah yang berkomedo. Tutup dengan tisu. Biarkan hingga benar-benar kering. Lepaskan tisu secara perlahan. Di bagian dalam tisu, akan terlihat bintik-bintik komedo yang terangkat.
    Cara kedua
    : kocoklah putih telur, lalu tambahkan 2 sendok makan madu segar. Setelah itu oleskan campuran putih telur dan madu tadi pada seluruh wajah. Biarkan kering selama kurang lebih 20 hingga 30 menit. Setelah itu bilaslah menggunakan air hangat. Sebaiknya di pakai 1 minggu 2 kali.
  2. Scrub sayur dan masker kacang
    Blender selembar daun kailan, selembar daun seledri, ¼ buah apel, campur dengan perasan jeruk lemon. Usapkan dan pijat lembut wajah dengan scrub sayur ini, lalu bilas.
    Uapi wajah dengan air panas yang telah diberi 1 sdm garam. Biarkan 10 menit. Uap air garam akan membuka pori-pori, memperlebar pembuluh darah kapiler di bawah kulit dan memperlancar peredarah darah ke kulit.
    Campur sari kacang kedelai dan kacang polong, gunakan sebagai masker, diamkan 30 menit, bilas. Gunakan beberapa kali.
  3. Kulit Jeruk
    Para sobat dapat mencoba kulit jeruk untuk langkah pertama. Caranya adalah campurkan kulit jeruk dengan air untuk membentuk pasta yang kental. Setelah itu taruhlah kulit jeruk yang sudah menjadi pasta tersebut di tempat tumbuhnya komedo. Sebaiknya biarkan semalaman. Setelah itu bilaslah menggunakan air bersih.
  4. Pasta Gigi
    Selain menggunakan 2 cara di atas, para sobat dapat mencoba cara yang paling mudah, yaitu dengan menggunakan pasta gigi. Selain bahannya yang mudah di dapat caranya juga sangat mudah. Taruhlah pasta gigi pada komedo khususnya pada daerah hidung. Setelah itu biarkanlah pasta gigi hingga mengering, karena komedo akan sangat mudah sekali dihilangkan.
  5. Garam
    Cuci wajah Anda sehari sekali menggunakan air hangat yang sudah dicampur garam. Garam akan mengurangi minyak berlebih, dalam kata lain membantu menghilangkan komedo.
  6. Lidah buaya
    Patahkan batang lidah buaya lalu oleskan lendirnya ke area berkomedo. Lidah buaya akan menghaluskan kulit dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Hasilnya, kulit lebih segar tanpa komedo.